Harambe

RIP harambe..Berita ini sangat mengganggu pikiran dan hati saya beberapa hari ini.

Awalnya lagi mau buka email, baca ada tentang gorila yang dibunuh.

Jadi ikutin beritanya apalagi di explore IG bnyk bgd video2nya.

Sedih bgd rasanya. Rasanya marah dan semakin benci dengan manusia-manusia yang memandang hewan ya cuma hewan. Apalah arti nyawa binatang.

Mungkin bnyk yang ngga setuju dan comment “coba klo kamu jd ibunya si anak 4 th yg jatuh, apa kamu juga ga milih si gorilla yg dibunuh.”  Tapiiiii..  apa adil ya, sekarang siapa yang masuk ke tempat Harambe (si gorila berumur 17 th)? Knp anak 4 th bisa masuk kesitu. Orang tuanya mana?  Lagian knp harus dibunuh? Salahnya si Harambe apa?

Memang di video terlihat harambe menarik si anak 4 th itu. Tapi apakah harambe benar2 ingin membunuh? Kalau iya knp tdk lgsg diinjak atau dicekik? Ngga sulit untuk membunuh kalau memang niat membunuh.

Kalau memang panic, tkt si anak kenapa2 lalu kenapa tidak ditembak bius? kenapa hrs dibunuh?

Image result for rip harambe

34C5933A00000578-3616453-Witnesses_said_the_gorilla_looked_like_he_was_trying_to_protect_-a-20_1464619685241

Dan dari berita yang saya baca, si anak tidak mengalami luka apapun. Lalu? Apakah adil untuk Harambe?

Terlihat di potongan video Harambe malah protect si anak. Tapi inikah balasan untuk Harambe??

Manusia oh manusia knp kalian begitu kejam.

Saya sedih sekali. Mungkin bagi sebagian orang yang tidak punya hati akan bilang, LEBAY. Lagian kenal juga ngga, cuma gorila juga, knp harus dipeduliin.

Saya cuma berdoa semoga tidak ada Harambe lainnya dan kembalikanlah binatang ke habitatnya kalau kalian (manusia) tidak bisa merawat dan memberi mereka keamanan.

Nb: Mungkin kalian akan nyinyir dengan tulisan saya. Tapi pernahkah kalian berfikir kalau posisi kalian jadi Harambe. Apakah karena kalian manusia jadi kalian bisa seenak2nya dengan nyawa binatang? Apa kalian pantas disebut manusia yg punya akal dan budi? Berkacalah!

Advertisements

12 thoughts on “Harambe

  1. Sel, dari fotonya ja ud jelas klo harambe mencoba melindungi anak itu. Klo orang2 takut knp ga dibius ja?
    Setuju bgt gw sama U, walau hewan tp klo ga berbahaya ya jgn dilukai apalagi sampai dibunuh.
    Terkadang manusia banyak yg lebih kejam dari hewan.

    Like

  2. Iya Na.. Yg aku bingung itu. Knp ya harus dibunuh. Apalagi mereka kan kebun binatang hrsnya bkn cuma bisa mengambil keuntungan aja tp juga harus bisa merawat hewan2nya. Hewan lepas di jalan aja ngga boleh main bunuh.
    Iya na. Hewan ngga akan bunuh anaknya, kec anaknya ngga sempurna. dan ga semua hewan kygt. tp manusia?
    Semoga kita bisa jadi manusia yang bijak ya Na.

    Like

  3. kalo baca FB zookeeper yang biasa ngurus Harambe, gorilla itu bisa stress kalo diteriakin (saat itu banyak yang teriak2). Terus obat bius itu sengaja gak dipilih karena reaksi gorilla akan semakin brutal begitu lihat senjata apalagi kalau tau di bius. Obat bius pun takes time, gorillanya bisa cabut pelurunya, dan kalo marah, anaknya yang pasti kenapa2. So, gw rasa keputusan bonbinnya udah bener sih, bagaimanapun di hukum kita sekarang, nyawa anak manusia lebih penting daripada nyawa binatang :p

    maap yak nimbrung 🙂

    Liked by 1 person

    1. Haii melisa.. trmksh tambahan infonya. Tp kl aku pribadi apapun alasannya tetap ga setuju. Krn smua nyawa itu penting dan aku kurang setuju kl nyawa manusia lbh penting.
      Kalau kita mau berfikir dari sisi harambe bagaimana prsaan harambe harus mati tanpa dy melakukan salah. Anak itu yg masuk sendiri dan bagaimana pengawasan orang tua thdp anak 4th.
      Justru kita sbg manusia yg pny akal dan budi seharusnya tdk bertindak gegabah. Dgn menilai sepihak mana yg lbh penting.
      Kita tdk merasakan jd harambe jd kita tdk bs menjudge hanya berdasarkan pemikiran kita. Membunuhnya merupakan suatu keegoisan.

      Like

    2. O ya tentang obat bius, aku setuju sekali kalau memerlukan wkt. Dan pst stlh dibius hewan tsb malah mnjdi tdk terkontrol. Tp kan di kebun binatang itu pst ada yg biasa merawat harambe. Shrsnya yg biasa merawat bs mendekati perlahan. Hewan itu pny hati kok. Bahkan bs lbh pny hati drpd manusia. Hewan yg dipelihara tdk prnh lupa siapa yg merawat n menyayanginya. Jd aku rasa shrsnya ada cara lain slain membunuh. Krn 1x lagi hewan pun pny hak u/ hidup.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s